PlayerPrefs merupakan class dari unity yang digunakan untuk
menyimpan data, seperti menyimpan highscore, ataupun game session untuk
berpindah dari 1 scene ke scene lainnya.
Seluruh
isi dari class PlayerPrefs ini adalah static function
Contoh:
//cara
untuk menyimpan data
PlayerPrefs.SetFloat("Distance",
100.1f);
PlayerPrefs.SetInt("Hp",
86);
PlayerPrefs.SetString("Username", "kelvinc1024");
//cara
untuk load data
PlayerPrefs.GetFloat("Distance");
PlayerPrefs.GetInt("Hp");
PlayerPrefs.GetString("Username");
//cara
clear semua data
PlayerPrefs.DeleteAll();
|
Namun pada penggunaan diatas kita memiliki kendala dalam masalah key
yang harus kita ingat sangat banyak. Solusinya kita dapat membuat sebuah class
Key yang berisi variable public static const, selain dapat lebih mudah karena
dapat memanfaatkan autocomplete, juga mengurangi kesalahan pengetikan dan dapat
lebih dinamis mengubah nama key.
public class Key {
public static const string hp = "Hp";
public static const string username = "Username";
public static const string distance = "Distance";
}
public class NewBehaviourScript : MonoBehaviour {
//
Use this for initialization
void Start () {
//cara
untuk menyimpan data
PlayerPrefs.SetFloat(Key.distance,
100.1f);
PlayerPrefs.SetInt(Key.hp,
86);
PlayerPrefs.SetString(Key.username, "kelvinc1024");
//cara
untuk load data
PlayerPrefs.GetFloat(Key.distance);
PlayerPrefs.GetInt(Key.hp);
PlayerPrefs.GetString(Key.username);
//cara
clear semua data
PlayerPrefs.DeleteAll();
}
}
|
No comments:
Post a Comment