Thursday, May 7, 2015

Penggunaan PlayerPrefs pada Unity Engine


PlayerPrefs merupakan class dari unity yang digunakan untuk menyimpan data, seperti menyimpan highscore, ataupun game session untuk berpindah dari 1 scene ke scene lainnya.
Seluruh isi dari class PlayerPrefs ini adalah static function

Contoh:

//cara untuk menyimpan data
PlayerPrefs.SetFloat("Distance", 100.1f);
PlayerPrefs.SetInt("Hp", 86);
PlayerPrefs.SetString("Username", "kelvinc1024");

//cara untuk load data
PlayerPrefs.GetFloat("Distance");
PlayerPrefs.GetInt("Hp");
PlayerPrefs.GetString("Username");

//cara clear semua data
PlayerPrefs.DeleteAll();



Namun pada penggunaan diatas kita memiliki kendala dalam masalah key yang harus kita ingat sangat banyak. Solusinya kita dapat membuat sebuah class Key yang berisi variable public static const, selain dapat lebih mudah karena dapat memanfaatkan autocomplete, juga mengurangi kesalahan pengetikan dan dapat lebih dinamis mengubah nama key.

public class Key {
    public static const string hp = "Hp";
    public static const string username = "Username";
    public static const string distance = "Distance";
}

public class NewBehaviourScript : MonoBehaviour {

     // Use this for initialization
     void Start () {
        //cara untuk menyimpan data
        PlayerPrefs.SetFloat(Key.distance, 100.1f);
        PlayerPrefs.SetInt(Key.hp, 86);
        PlayerPrefs.SetString(Key.username, "kelvinc1024");

        //cara untuk load data
        PlayerPrefs.GetFloat(Key.distance);
        PlayerPrefs.GetInt(Key.hp);
        PlayerPrefs.GetString(Key.username);

        //cara clear semua data
        PlayerPrefs.DeleteAll();

     }
}

No comments:

Post a Comment