Thursday, May 7, 2015

Material(Basic) pada Unity

Material digunakan untuk memberikan visualisasi pada mesh, seperti misalnya Diffuse, Normal, Specular. Biasanya material dibuat pada software eksternal seperti 3dsmax, maya, blender. Namun dari unity sendiri sebenarnya kita juga bisa membuat material kita sendiri.
Contoh :
1.      Lakukan create material


2.      Klik material yang baru dibuat


Secara default maka jenis material yang akan terpilih adalah material jenis diffuse. Yaitu material yang hanya mampu menerima texture gambar yang bisa langsung dilihat oleh user(base). Contoh selain diffuse yang digunakan adalah Bumped Diffuse (base, normal), Bumped Specular (base, normal, specular). Dalam contoh akan menggunakan Bumped Diffuse. Berikan texture base dan normal. Untuk menghasilkan normal kita dapat mengimport gambar apa saja kemudian pada setting asset tersebut kita ubah dari texture menjadi normal. Normal digunakan untuk membuat efek timbul pada material, sedangkan specular digunakan untuk menentukan penyerapan cahaya pada material.

No comments:

Post a Comment